Find

Friday, November 15, 2019

Contoh soal ke-3 ujian mid semester pelajaran produktif kelas 12




  1. Tuliskan 4 manfaat kewirausahaan ?
  2. Jelaskan perbedaan hak paten dan hak cipta ?
  3. Jelaskan arti kejujuran dalam berwirausaha menurut pendapatmu ?
  4. Tuliskan minimal 5 faktor keberhasilan seorang wirausaha ?
  5. Jelaskan perbedaan wirausaha dan kewirausahaan ?

                                         JAWABAN

1.   Manfaat kewirausahaan yang pertama adalah menciptkan lapangan pekerjaan sehingga akan mengurangi pengangguran.
Manfaat kewirausahaan yang kedua adalah sebagai pemberi teladan agar terus bekerja keras, tekun, disiplin dan ain-lain.
Manfaat kewirausahaan yang ketiga adalah mendidik para karyawannya menjadi orang yang mandiri, disiplin, tekun, kerja keras, jujur, dan teliti dalam bekerja.
Manfaat kewirausahaan yang keempat adalah untuk mendidik masyarakat agar hidup secara efisien, tidak boros atau berfoya-foya.

2.      Hak Paten dilindungi oleh Undang-Undang No. 13 Tahun 2016 tentang Paten (UU Paten), di mana yang dimaksud dengan paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi untuk jangka waktu tertentu melaksanakan sendiri invensi tersebut atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakannya.

Menurut Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta (UU Hak Cipta), hak cipta adalah hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

3.      Sikap Jujur bagi Wirausahawan. Kejujuran adalah sendi pokok bagi kelangsungan hidup yang diikuti kegiatan pikiran dan kerja keras. Orang-orang yang selalu ingat kepada Allah di manapun dan kapanpun adalah orangorang yang jujur, tenang, sabar, serta teratur dalam melaksanakan pekerjaannya.

4.      Kemauan keras dan tekad yang kuat
Memiliki modal yang cukup
Tahu persis akan target pasar
Pelayanan yang baik
Networking (jaringan) yang luas
Pemasaran yang efektif

5.      maka perbedaan wirausaha dan kewirausahaan yaitu, wirausaha lebih mengarah kepada orang yang melakukan usaha secara mandiri dengan semua sumber daya yang dia miliki dan kewirausahaan lebih mengarah kepada kemampuan seseorang dalam menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain.

No comments:

Post a Comment