Find

Sunday, January 14, 2018

Contoh sol ujian essay PPkn kelas 10(X)



1      Tuliskan lembaga – lembaga negara di indonesia ?

Presiden dan Wakil Presiden
Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
Dewan Perwakilan Daerah (DPD)
Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)
Mahkamah Konstitusi (MK)
Mahkamah Agung (MA) dan
Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

     UU nomor 18 tahun 2011 mengatur tentang....

PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2004 TENTANG KOMISI YUDISIAL

3       Jelaskan apa yang dimaksud dengan kemerdekaan beragama?

Maksud kemerdekaan beragama, setiap orang dibebaskan utuk memilih agama mana yang ia kehendaki. tidak boleh ada paksaan dalam memilih agama seperti yang tercantum dalam UUD pasal 29

     Tuliskan tugas dari POLISI dan TNI ?

Tugas TNI:
- operasi militer untuk perang
- operasi militer selain perang, yaitu untuk:
- mengatasi gerakan separatis bersenjata
- mengatasi pemberontakan bersenjata
- mengatasi aksi terorisme
- mengamankan wilayah perbatasan

Tugas POLRI
melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta menegakkan hukum yaitu sebagai salah satu fungsi pemerintahan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyrakat 

5      Jelaskan contoh sikap toleransi antar umat beragama di masyarakat?

1.      Toleransi Negatif
Toleransi individu atau kelompok terhadap keyakinan individu atau kelompok lain yang berbeda, di mana isi atau ajaran serta penganutnya tidak dihargai namun dibiarkan saja. Berbeda dengan masyarakat yang tidak menghargai isi dan umat yang berkeyakinan berbeda karena tidak sesuai dengan aturan negara dan norma. Pada keyakinan yang tidak sesuai dengan aturan dan norma, biasanya akan ditegakkan dengan pembubaran atau pengusiran terhadap umat yang meyakininya.  Sedangkan pada toleransi negatif, isi dan umatnya tidak dihargai namun dibiarkan selama masih menguntungkan kelompok agama lain yang ada. Contoh tpleransi negative ini adalah masyarakat Indonesia membiarkan komunis dan ajarannya di zaman baru merdeka. Karena dianggap pada saat itu, komunis menguntungkan posisi Indonesia yang saat itu bersebrangan dengan Barat atau anti Amerika, dengan berdirinya poros Indonesia – Peking.

2.   Toleransi Positif
Contoh sikap toleransi antar umat beragama yang banyak diimplementasikan oleh berbagai agama dan berbagai masyarakat di dunia. Toleransi ini tidak menghargai isi atau ajaran agama lain yang berbeda, namun menghargai pemeluk atau penganutnya. Contoh pelaksanaan toleransi ini ada di hampir setiap agama yaitu meyakini hanya agama yang dianutnya saja yang paling benar. Namun, dalam hubungannya dengan penganut agama lain tetap saling menghargai dan saling mengormati, karena agama adalah sifat-sifat hak asasi manusia.

3.   Toleransi Ekumenis
Toleransi yang menghargai semua bentuk perbedaan, baik toleransi terhadap isi/ajaran keyakinan individu lain dan toleransi pada setiap umat yang memeluknya. Toleransi jenis ini umumnya meyakini bahwa agama dan keyakinan yang berbeda, sama-sama benar, dan mempunyai tujuan yang sama. Contoh toleransi jenis ini adalah toleransi terhadap sesame pemeluk agama yang sama dengan aliran atau paham yang berbeda.

No comments:

Post a Comment