Find

Sunday, January 14, 2018

Contoh soal ujian essay SBK(seni budaya kesenian)kelas 12(XII)



1.      Sebutkan jenis-jenis Cat ?

Cat Air
Seperti namanya Cat Air menggunakan air sebagai bahan campurannya, Cat air paling cocok untuk mengecat atau melukis di atas kertas karena cat air mudah mengering dan mepunyai sifat transparan, terdapat 2 jenis cat air yang ada dipasaran yaitu cat air yang dikemas dalam tube dan cat air yang kering.



Cat Poster
Cat Poster berbahan dasar air, perbedaannya dengan cat air adalah cat poster lebih pekat (opaque). Cat poster juga digunakan untuk melukis diatas kertas, cat poster yang ada di pasaran rata rata dalam bentuk botol kecil.

Cat Acrylic
Cat Acrylic berbahan dasar air, bersifat kental. Cat ini cocok digunakan untuk melukis diatas kanvas atau bisa juga untuk melukis kain, stryfoam, kayu atau gerabah.

Cat Tekstil
Cat Tekstil juga berbahan dasar air. Cat ini Khusus untuk melukis di atas kain, cat ini juga cocok untuk melukis diatas kaos,sepatu,kanfas. Setelah cat mengering bidang yang dilukis harus disetrika, namun besi setrikaan jangan langsung mengenai lukisan.

Cat Minyak
Cat minyak tidak menggunakan air untuk pengencernya melainkan menggunakan pengencer khusus yang biasanya dijual terpisah dalam kemasan botol, namun juga dapat menggunakan Thinner sebagai pengencer dan membuat cat lebih cepat mengering. Thinner biasanya dipakai bagi anak yang belajar melukis.Karena bahan thinner ini mudah terbakar dan mengeluarkan bau yang menyengat maka disarankan untuk anak anak yang sudah cukup besar dan dibawah pengawasan orang dewasa. Dan kelemahan lain dari Thinner ini membuat cat pada lukisan tidak tahan lama, cat menjadi retak retak. 

2.     Sebutkan 3 jenis pensil ?

Pensil terbagi menjadi 3 jenis: 

Pertama, jenis pensil yg bertanda H (hard) biasa nya di gunakan untuk menggambar teknik bagi para perancang bangunan (arsitek).

Kedua, pensil yg bertanda HB dan F.
Ketiga, jenis pensil yg bertanda B (Bold) cocok untuk menggambar bentuk


3.      Sebutkan 3 band indonesia yang anda ketahui ?

Armada,bagindas dan Ungu

4.     Apa pengertian dari paduan suara?

Paduan suara atau kor (dari bahasa belanda, koor) merupakan istilah yang merujuk kepada ensembel musik yang terdiri atas penyanyi-penyanyi maupun musik yang dibawakan oleh ensembel tersebut.

5.      Jelaskan apa manfaat adanya kritik dalam karya seni rupa ?

> membangun kreativitas yg lebih bagus lagi 

> kritik dapat di jadikan bahan motofasi bagi sang pencipta karya seni

> dapat mengetahui kelebihan atau kekurangan dari hasl karya seninya
> memperkuat jiwa para seniman untuk terus berkarya

No comments:

Post a Comment