Find

Wednesday, April 24, 2019

Contoh soal agama Islam essay ujian mid semester genap kelas 11(XI)

1. Tuliskan bentuk-bentuk kerjasama ekonomi dalam islam! Jelaskan?
Syarikat Mudarabah
adalah bentuk kerja sama antara dua atau lebih pihak di mana pemilik modal (shahibul amal) mempercayakan sejumlah modal kepada pengelola (mudharib) dengan suatu perjanjian di awal. Bentuk ini menegaskan kerja sama dengan kontribusi seratus persen modal dari pemilik modal dan keahlian dari pengelola.

2. Jelaskan bagaimana cara melestarikan lingkungan hidup dalam sehari-hari?
Menghilangkan kebiasaan membuang sampah di sungai. Membuang sampah di sungai dapat mencemari air sungai yang bermuara di laut, dan pada akhirnya mencemari air laut dan ekosistem pantai.
Menggalakan penanaman pohon, terutama jenis- jenis pohon yang akarnya banyak menyerap air.
Menjaga kelestarian hutan, terutama hutan hujan tropis yang banyak menyimpan sumber- sumber air.

3. Tuliskan pengertian riba serta jelaskan pembagiannya?
Riba menurut bahasa artinya tambahan (ziyadah) sedangkan menurut istilah adalah mengambil keuntungan dalam suatu transaksi dengan cara yang batil (melanggar syari'at).
Pembagiannya :  Riba duyun                                          Riba ba'i                                                                           1.                      1.Riba jahiliah                                    3.Riba nasia 
                         2. Riba qard                                       4.Riba fadhl

4. Jelaskan perbedaan antara Bank Syariah dan Bank konvensional, serta buat contohnya?
Akad
Semua transaksi atau akad yang dilakukan di bank syariah harus sesuai dengan prinsip Syariah Islam, berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist dan telah difatwakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Akad atau transaksi di bank syariah yang banyak digunakan, antara lain, akad al-mudharabah (bagi hasil), al-musyarakah (perkongsian), al-musaqat (kerja sama tani), al-ba’i (bagi hasil), al-ijarah (sewa-menyewa), dan al-wakalah (keagenan).
Keuntungan
Bank syariah mengunakan pendekatan bagi hasil (al-mudharabah) untuk mendapatkan keuntungan, sementara bank konvensional justru mengunakan konsep biaya untuk menghitung keuntungan. Dalam setiap pinjaman atau pembiayaan yang diberikan kepada nasabah, bank syariah memberikan keterangan bagi hasil antara bank dan nasabah.

5. Tuliskan 2 ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang kelestarian lingkungan!
Ar-rum dan Al-A'raf

No comments:

Post a Comment