Find

Friday, October 26, 2018

Contoh soal sistem operasi jaringan


1.   Jelaskan yang dimaksud dengan sistem operasi jaringan!

  Sistem operasi jaringan (Inggris: network operating system) adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya.

2.   Tuliskan minimal 3 contoh sistem operasi jaringan!

sistem operasi jaringan berbasis GUI adalah : 
·         Windows NT 3.51
·         Linux Redhat 
·         Windows Xp 
·         Microsoft MS-Net 
·         Microsoft 2000 
·         Novell netware 

sistem operasi jaringan yang berbasis Text:
·         Linux suse
·         Linux mandrake 
·         Unix macos 
·         Linux debian 
·         Knoppix 
·         Sun solaris

3. Tuliskan dan jelaskan 3 partisi minimal pada linux!

1. Partisi root

Partisi root (dilambangkan dengan / – bedakan dengan /root), Partisi root ( / ) digunakan untuk menginstall sistem Linux, hampir sama dengan sistem windows yang biasanya ditaruh di drive C

2. Partisi /swap

Partisi SWAP digunakan sebagai tambahan memori ketika RAM tidak mencukupi ketika sistem menjalankan suatu program. Besarnya Partisi SWAP biasanya 2x ukuran RAM. Jadi jika ram yang kita gunakan adalah 1gb maka besarnya Partisi SWAP adalah 2gb.

3.Partisi /home

Partisi /home diperlukan untuk menghindari kehilangan data saat sistem anda crash dan perlu di-reistalasi. Kondisi seperti diatas diasumsikan hardisknya hanya digunakan untuk satu OS (linux). Anda bisa mempergunakan file sistem Linux ataupun file sistem Windows untuk partisi ini. Partisi /home selain digunakan untuk tempat penyimpanan data User juga digunakan oleh beberapa program untuk meletakkan file konfigurasinya. Sesuaikanlah ukuran partisi /home dengan kapasitas harddisk.

4.    Jelaskan yang dimaksud dengan user biasa dan super user pada linux!

User biasa merupakan user yang memiliki hak akses hanya pada bagian direktori “/home”. Misalnya Anda memiliki user biasa dengan username “admin”, maka tidak direktori usernya berada di direktori “/home” dengan lokasi “/home/admin”., dengan demikian user “admin” (user biasa) tersebut hanya dapat mengakses sepenuhnya terhadap direktori “/home/admin”.
Super user atau biasa disebut user root merupakan user yang memiliki hak akses penuh terhadap system, baik direktori user biasa maupun direktori system lainnya.

5. Jelaskan aturan perintah dasar pada linux!
Perintah dasar Linux merupakan cara kita untuk bisa berinteraksi dengan sistem Linux

No comments:

Post a Comment